Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Perjalanan Informasi di Internet

Proses pengiriman data / informasi di Internet - Blog Zacky

Perjalanan suatu informasi melalui internet merupakan proses yang panjang dan rumit, tidak semudah yang kita bayangkan pada saat kita mengirim email, kemudian sampai di tujuan dalam waktu yang singkat. Secara garis besar, perjalanan informasi melalui internet dapat digambarkan sebagai berikut.

Perjalanan Informasi di Internet

Informasi dikirimkan komputer kita, oleh Transmission Control Protocol (TCP) dipecah-pecah ke dalam bentuk paket-paket yang lebih kecil, kemudian dari komputer dikirimkan menuju ke jaringan lokal milik penyedia layanan internet (ISP). Setelah melalui jaringan lokal tadi, dari jalur komunikasi yang berada di berbagai kota di penjuru dunia, sebelum akhirnya mereka sampai di tujuan akhir.

Agar perjalanan informasi tersebut berjalan lancar, diperlukan sarana perangkat keras, seperti hub, bridge, gatewar, repeater, dan router. Hub berfungsi untuk menghubungkan antarkomputer satu dengan lainnya sehingga memungkinkan komputer-komputer tersebut dapat saling berkomunikasi satu dengan lainnya. Bridge berfungsi untuk memnghubungkan antarjaringan area lokal (LAN) satu dengan lainnya, sehingga data dapat dikirim dari satu jarngan lokal tertentu ke jaringan lokal lainnya. Gateway berfungsi mirip seperti bridge, kelebihannya ialah gateway dapat menerjemahkan data dari satu jaringan ke jaringan lainnya.

Karena jarak yang harus ditempuh oleh perjalanan informasi tersebut kadang jauh dari sudut pandang lokasi fisik, maka sinyal yang mengirimkan data dapat melemah. Di sinilah pentingnya peranan repeater. Repeater berperan untuk menguatkan sinyal pada interval-interval tertentu. Banyaknya informasi yang melalui internet memerlukan pengaturan, dalam hal ini router berfungsi untuk mengatur lalu lintas informasi di internet. Router memeriksa paket-paket informasi dan menentukan tujuannya serta mengirimkannya ke router berikutnya yang terdekat dengan tujuan akhir paket-paket tersebut.

Demikian artikel singkat tentang Perjalanan Informasi di Internet dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini bila bermanfaat bagi pembaca.

Just a Skateboarding who always wanna be with you ♥

1 comment

  1. nice inpon gan
Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik. Terima kasih
© Zacky. All rights reserved. Developed by Jago Desain