Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Pengertian Software, Hardware dan Brainware

Pengertian Software (Perangkat Lunak), Hardware (Perangkat Keras) dan Brainware (Pengguna Komputer) - Blog Zacky
Pengertian Software, Hardware dan Brainware - Software, Hardware dan Brainware. Siapa yang tidak pernah mendengar istilah yang satu ini? Semua orang pasti pernah mendengarnya entah sengaja ataupun tidak disengaja. Sebelum mengenal lebih jauh tentang komponen - komponen yang ada di dalam komputer, sebaiknya kita mengetahui istilah dasar yang ada dalam komputer itu. Oke, sesuai judulnya kali ini saya akan membahas apa itu Software, Hardware dan Brainware. Check this out!

Pengertian Software, Hardware dan Brainware

Software
Software atau dalam bahasa Indonesia adalah Perangkat Lunak, yaitu istilah khusus untuk data yang diformat, dan disimpan secara digital, termasuk program komputer, dokumentasinya, dan berbagai informasi yang bisa dibaca, dan ditulis oleh komputer. Dengan kata lain, bagian sistem komputer yang tidak berwujud artinya software tidak dapat dipegang.

Pembuatan perangkat lunak itu sendiri memerlukan "bahasa pemrograman" yang ditulis oleh programmer untuk selanjutnya di kompilasi dengan aplikasi kompiler sehingga menjadi kode yang bisa dikenali oleh mesin hardware.

Macam - macam Software
  1. Perangkat Lunak Aplikasi
  2. Seperti aplikasi pengolah kata, lembar tabel hitung, pemutar media, dan paket aplikasi perkantoran seperti OpenOffice.org dan Microsoft Office.
  3. Sistem Operasi
  4. Seperti yang banyak digunakan didunia yaitu Windows, MAC, Linux.
  5. Perkakas Pengembangan Perangkat Lunak
  6. Seperti Kompilator untuk bahasa pemrograman tingkat tinggi seperti Pascal dan bahasa pemrograman tingkat rendah yaitu bahasa rakitan.
  7. Pengendali Perangkat Keras
  8. Penghubung antara perangkat perangkat keras pembantu, dan komputer adalah software yang banyak dipakai di swalayan, dan juga sekolah, yaitu penggunaan barcode scanner pada aplikasi database lainnya.
  9. Perangkat Lunak Menetap
  10. Seperti yang dipasang dalam jam tangan digital, dan pengendali jarak jauh.
  11. Perangkat Lunak Bebas (free 'libre' software) dan Perangkat Lunak Sumber Terbuka (open source software)
  12. Perangkat Lunak Gratis (Freeware)
  13. Perangkat Lunak Uji Coba (Shareware / Trialware)
  14. Perangkat Lunak Perusak
Hardware
Hardware atau dalam bahasa Indonesia adalah Perangkat Keras, yaitu sebuah bagian fisik komputer. Atau secara sederhana hardware adalah komponen komputer yang dapat dilihat secara kasat mata dan mampu disentuh secara fisik.
Jenis - jenis Hardware
  1. Perangkat Input (Masukan) : Perangkat keras yang digunakan untuk memasukkan (input) dari pengguna yang akan diproses oleh komputer. Contohnya seperti : Mouse, keyboard, joystick, touchpad, light pen, barcode, scanner, microphone, dan lain-lain.
  2. Perangkat Proses : Perangkat keras yang berguna untuk memproses masukan yang telah diberikan oleh pengguna. Contohnya Processor.
  3. Perangkat Output (Keluaran) : Perangkat keras yang digunakan untuk menampilkan hasil yang telah diolah oleh komputer dan selanjutnya diberikan kepada pengguna. Contohnya seperti : Speaker, monitor, printer, proyektor, plotter dan sebagainya.

Brainware
Brainware atau dalam bahasa Indonesia adalah Pengguna Komputer. Manusia yang menggunakan atau mengoperasikan komputer. Tanpa adanya brainware, komputer tidak bisa dijalankan. Maka, peran brainware di sini sangatlah penting sehingga komputer bisa digunakan dan dioperasikan dengan baik oleh penggunanya.

Demikian artikel singkat tentang Pengertian Software, Hardware dan Brainware dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini bila bermanfaat bagi pembaca.
Just a Skateboarding who always wanna be with you ♥

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik. Terima kasih
© Zacky. All rights reserved. Developed by Jago Desain