Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipiscing elit. Test link

Tips Mengetik 10 Jari

Tips Mengetik dengan menggunakan 10 Jari - Blog Zacky
Mengetik adalah kegiatan yang hampir semua orang bisa melakukannya, entah itu mengetik di komputer PC atau Laptop bahkan di handphone, untuk saat ini mengetik sudah menjadi kebiasan sehari - hari kebanyakan orang, mengetik pesan singkat misalnya. Tapi apa kebanyakan orang dapat mengetik dengan menggunakan 10 jari mereka? Faktanya kebanyakan orang lebih mahir mengetik dengan 2 jari, lalu apa fungsi sisa 8 jari itu?

Tips Mengetik 10 Jari

Mengetik dengan 10 jari memiliki banyak manfaat, salah satunya membuat otak kita dapat terus berkonstentarsi. Mengetik dengan 10 jari juga merupakan keahilan yang tidak akan terlupakan, seperti keahilan menggunakan sepeda semakin lama kamu akan semakin mahir dalam hal mengetik, lagi pula mengetik dengan 10 jari merupakan salah satu hal yang keren. Maka dari itu saya akan membahas tentang Tips mengetik menggunakan 10 jari dengan cepat.

Hilangkan Kebiasaan Buruk
Pertama Hilangkan Kebiasaan Buruk, kebiasan buruk yang dimaksud adalah mengetik dengan 2 jari. Memang menghilangkan kebiasaan ini sangat sulit, karena pada awalnya kebanyakan orang belajar mengetik dengan cara yang salah dan seiring berjalannya waktu kebiasan tersebut terus terbawa. Hal tersebut sangat tidak efektif karena bisa saja mata harus terus melihat keyboard agak tidak salah menekan tombol. Meskipun sudah terbiasa mengetik dengan 2 jari dan sudah cukup mahir, anda harus mulai meninggalan kebiasan itu dan mulai belajar dengan cara yang lebih benar.

Mulai Gunakan 10 Jari
Untuk bisa menghilangkan kebiasan mengetik dengan 2 jari, anda harus mulai mengetik dengan menggunakan ke-10 jari anda. Jika anda sudah membaca artikel tentang Fungsi Tonjolan Pada Tombol Keyboard F dan Janda pasti tahu, sebenarnya fungsi tonjolan yang dibuat itu untuk membantu anda mengetik dengan teknik Touch Typing. Sehingga anda bisa mengetik tanpa harus melihat keyboard.

Secara umum, jari yang ada di atas huruf F dan J adalah telunjuk. Kemudian jari sisanya akan menyesuaikan secara langsung pada haruf-huruf di sampingnya. Untuk lebih jelasnya, silahkan anda melihat artikel tentang Fungsi Tonjolan Pada Tombol Keyboard F dan J

Jangan Melihat Keyboard
Kebiasaan Buruk yang kedua, biasanya kebanyakan orang harus melihat keyboard saat mengetik. Kebiasan itu dapat memperlambat proses pengetikan karena mata harus melihat posisi tombol, lalu otak memerintah otot yang menggerakan jari tangan. 3 Proses yang harus dilakukan sebelum akhirnya dapat mengetik. Tapi jika kita sudah terbiasa mengetik dengan cara tidak melihat, kita mempercepat 1 langkah proses yang sebelumnya dilakukan yaitu melihat posis tombol pada keyboard.

Cara paling mudah untuk melatihnya adalah dengan mengetik beberapa kata yang paling sering ditulis tanpa melihat keyboard. Ingatlah posisi huruf-huruf dari berbagai kata tersebut dengan baik. Jika sudah lancar, mulailah untuk berlatih dengan kata-kata lain yang lebih jarang digunakan. Semakin sering berlatih, maka semakin cepat pula Anda akan menguasainya.

Gunakan Tombol Shortcut
Sistem operasi Windows dan Mac memiliki banyak kombinasi tombol shortcut di keyboard yang memudahkan kita untuk melakukan fungsi tertentu tanpa bantuan mouse. Hafalkan masing - masing shortcut dan fungsinya agar tidak perlu lagi menggunakan mouse. Berikut adalah beberapa shortcut yang umum digunakan:
No. Shortcut Fungsi
1 CTRL + C Copy
2 CTRL + X Cut
3 CTRL + V Paste
4 CTRL + Z Undo
5 CTRL + S Save
6 CTRL + A Select


Selain itu masih banyak shortcut keyboard yang lainnya, untuk lebih jelas anda dapat membacanya di Shortcut Keyboard Untuk Menjadi Keyboard Ninja


Tips ini tidak dapat berfungsi dengan baik apabila tidak ada tekat yang kuat untuk melatihnya, maka dari itu latih terus dan jangan pantang menyerah, karena tidak ada ilmu yang didapat dengan cara instan!

Demikian artikel singkat tentang Tips Mengetik 10 Jari dari saya, terima kasih atas kunjungannya dan jangan lupa untuk share artikel ini bila bermanfaat bagi pembaca.
Just a Skateboarding who always wanna be with you ♥

Post a Comment

Silahkan tambahkan komentar sesuai dengan topik. Terima kasih
© Zacky. All rights reserved. Developed by Jago Desain